Sejarah

Oktober 1968, sejumlah guru trikora menghadap Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Kristen (BP YPK) di Jayapura untuk mengusulkan berdirinya sekolah menengah kejuruan di Serui yang pada masa itu masih berada di Kabupaten Biak Numfor. Usulan tersebut karena melihat banyak peserta didik lulusan sekolah setara menengah pertama yang putus sekolah karena harus melanjutkan pendidikan di ibukota kabupaten yaitu di Biak. Atas prakasa tersebut, sekolah yang awalnya berbentuk Sekolah menengah Atas (SMEA) tersebut memulai kegiatan pembelajaran pada tanggal 18 Januari 1969 yang di kenal sebagai Hari Ulang Tahun SMEA YPK SERUI.

Setelah Kabupaten Yapen Waropen memisahkan diri dari Kabupaten Biak Numfor pada tanggal 6 Maret 1969, SMEA YPK SERUI bersama SMA Negeri 147 diakui pendiriannya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Yapen Waropen pada tanggal 11 Maret 1969.

Pada tahun 1984, setelah BP YPK menjadi anak Pemerintah Daerah Provinsi Irian Jaya, SMEA YPK SERUI mendapatkan Akta Pendirian Sekolah.

Mengikuti perkembangan dunia pendidikan, ada tahun 2007 SMEA YPK SERUI berubah menjadi bentuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPK SERUI dengan jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntansi dan Teknik Komputer Jaringan di bawah pimpinan Ibu Herlina br. Surbakti, SE., M.Pd hingga sekarang.