Kompetensi Keahlian

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengenal istilah kompetensi keahlian yang merupakan bagian terkecil setelah program keahlian dan bidang keahlian. SMK YPK SERUI sebagai salah satu lembaga yang melayani pendidikan menengah kejuruan saat ini mempunyai 5 kompetensi keahlian yaitu : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia serta Seni Tari.

Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang telah diluncurkan pada 31 Desember 2015 dan Revolusi Industri 4.0 maka SMK YPK SERUI harus melakukan sejumlah perubahan yanng telah serius digarap sejak tahun 2016.

Untuk meningkatkan kualitas lulusan, sesuai dengan Inpres Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK maka dilakukan melalui 10 langkah Revitalisasi  yang salah satunya adalah penyelarasan kurikulum berbasis industri. Beberapa kompetensi keahlian telah dikaji ulang secara menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA).

Sebagai sekolah kejuruan yang menerapkan lebih banyak prosentasi pembelajaran praktek dibandingkan teori, SMK YPK SERUI telah melakukan kajian bahwa lebih tepat menerapkan model pembelajaran Teaching Factory (TEFA) dengan pada Industri Skala Besar (Manufatur) sehingga mampu menghasilkan lulusan yang sesuai kebutuhan DUDIKA.

Sebagai tindak lanjut kajian yang telah dilaksanakan, dilakukan sejumlah program untuk meningkatkan Hardskill dan Softskill sesuai standar industri. Dengan peningkatan hardskill dan softskill berbasis industri baik lulusan maupun  tenaga pendidik maka lulusan tiap kompetensi keahlian dapat bersaing positif di DUDIKA.

Sehingga dengan tindak lanjut berupa penerapan pembelajaran teaching factory pada semua kompetensi keahlian yang ada di SMK YPK SERUI berpeluang menghasilkan lulusan yang mempunyai pengalaman dan sesuai dengan kebutuhan industri.

Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Kompetensi keahlian ini membekali lulusannya dengan pengetahuan dan ketrampilan tentang Otomatisasi  Tata Kelola Kepegawaian, Keuangan, Sarana dan Prasaran, Humas dan Keprotokolan serta mengembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis  penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin (perangkat keras / perangkat lunak) yang secara otomatis melakukan dan mengatur pekerjaan sehingga tidak memerlukan lagi pengawasan manusia (otomatisasi).

Kompetensi keahlian ini menerapkan model pembelajaran TEFA dalam persiapan pengelolaan industri manufaktur di SMK YPK SERUI yaitu mulai otomatisasi pesanan, produk, produksi dan distribusi pada Industri Manufaktur yang akan dikembangkan di SMK YPK SERUI.

Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Kompetensi keahlian ini membekali lulusannya dengan pengetahuan dan ketrampilan tentang Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur, Akuntansi Lembaga / Instansi Pemerintah, Akuntansi Keuangan, Komputer Akuntansi, Administrasi Pajak dan mengembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Kompetensi Keahlian ini menerapkan model pembelajaran TEFA dalam mempersiapkan pengelolaan akuntansi dan keuangan di industri manufaktur SMK YPK SERUI.

Teknik Komputer dan Jaringan

Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan ini di bekali tidak hanya pengetahuan dan ketrampilan perakitan dan instalasi komputer. Namun lebih luas kopetensi keahlian ini membekali lulusannya dengan pengetahuan dan ketrampilan Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN), Administrasi Infrastruktur Jaringan, Administrasi Sistem Jaringan, Teknologi Layanan Jaringan serta mengembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Model pembelajaran TEFA diterapkan pada kompetensi keahlian ini sebagai pengelola (administrator) teknologi komputer dan jaringan yang ada di Industri Manufaktur SMK YPK SERUI.

Multimedia

Kompetensi Keahlian yang baru di buka pada tahun 2016 ini membekali lulusannya dengan pengetahuan dan ketrampilan Desain Grafis dan Percetakan, Animasi 2D dan 3D, Pengolahan Audio dan Video, Desain media Interaktif serta mengembangkan  Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Pembelajaran TEFA telah diterapkan sejak tahun  2018 dengan pengembangan industri Desain Grafis dan Percetakan menghasilkan produk berupa barang dan jasa antara lain: cetak foto, undangan, buku, spanduk, sablon kaos, audio / video dan sebagainya.

Seni Tari

Kompetensi keahlian ini merupakan yang termuda di SMK YPK SERUI. Di bentuk pada tahun 2019 ini membekali lulusannya dengan pengetahuan dan ketrampilan tentang mengapresiasi karya seni tari dan mengapresiasi diri sendiri melalui seni tari serta mengembangkan produk kreatif dan kewirausahaan.

Secara tidak langsung, model pembelajaran TEFA telah diterapkan pada kompetensi keahlian ini dengan membentu Sanggar Tari Bughery melaksanakan penerimaan order, produksi hingga penyampaian hasil produksi pada pemesan.