PPDB Tahun Ajaran 2020/2021

Serui – Sesuai dengan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020 / 2021 dan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4  Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus (COVID-19) maka SMK YPK SERUI melaksanakan PPDB berbasis SMS.

Ketentuan Umum

Pasal 1

Sekolah Menengah Kejuruan, yang selanjutnya disingkat SMK, adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama atau setara SMP atau MTs.

Penerimaan Peserta Didik Baru, yang selanjutnya disingkat PPDB, adalah penerimaan peserta didik baru pada TK dan Sekolah.

Rombongan Belajar adalah kelompok peserta didik yang terdaftar pada satuan kelas dalam satu Sekolah.

Ujian Nasional yang selanjutnya disingkat UN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Data Pokok Pendidikan, yang selanjutnya disingkat Dapodik adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online.

Pemerintah Pusat adalah Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan negara Republik Indonesia yang dibantu oleh Wakil Presiden dan menteri sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pemerintah Daerah adalah kepala daerah sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah yang memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah otonom.

Kementerian adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menteri adalah Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

PPDB dilakukan berdasarkan: nondiskriminatif, objektif, transparan, akuntabel dan berkeadilan.

Nondiskriminatif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikecualikan bagi Sekolah yang secara khusus melayani peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu.

Persyaratan

  1. Persyaratan calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMA atau SMK:
    1. berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; dan
    2. memiliki ijazah SMP/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP.
  2. SMK dengan bidang keahlian, program keahlian, atau kompetensi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10 (sepuluh). SMK YPK SERUI memberi persyaratan, minimal mempunyai perangkat Smartphone, Tablet, Laptop atau Komputer Pribadi (Personal Computer / PC) untuk menunjang pembelajaran.

Jalur Pendaftaran : Non Zonasi

Ketentuan mengenai jalur pendaftaran PPDB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 dikecualikan untuk:

  1. Sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat; SMK YPK SERUI adalah sekolah yang diselanggarakan oleh Masyarakat (Swasta) melalui Yayasan Pendidikan Kristen di Tanah Papua.
  2. SMK yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah;
  3. Sekolah Kerja Sama;
  4. Sekolah Indonesia di luar negeri;
  5. Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus;
  6. Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan layanan khusus;
  7. Sekolah berasrama;
  8. Sekolah di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar; dan
  9. Sekolah di daerah yang jumlah penduduk usia Sekolah tidak dapat memenuhi ketentuan jumlah peserta didik dalam 1 (satu) Rombongan Belajar.

Pengecualian ketentuan jalur pendaftaran PPDB bagi Sekolah di daerah yang jumlah penduduk usia Sekolah tidak dapat memenuhi ketentuan jumlah peserta didik dalam 1 (satu) Rombongan Belajar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf i ditetapkan oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya dan dilaporkan kepada direktur jenderal yang menangani bidang pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah

Pelaksanaan PPDB

  1. Pelaksanaan PPDB dimulai dari tahap:
    1. Pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru dilakukan secara terbuka;
    2. Pendaftaran;
    3. Seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran;
    4. Pengumuman penetapan peserta didik baru; dan
    5. Daftar ulang.
  2. Pelaksanaan PPDB pada Sekolah yang menerima bantuan operasional Sekolah tidak boleh memungut biaya.
  3. Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah tidak boleh:
    1. melakukan pungutan dan/atau sumbangan yang terkait dengan pelaksanaan PPDB maupun perpindahan peserta didik; dan
    2. melakukan pungutan untuk membeli seragam atau buku tertentu yang dikaitkan dengan PPDB.

Tahap 1: Pengumuman

SMK YPK SERUI menyampaikan pengumuman pendaftaran melalui media sosial, cetak (brosur dan spanduk).

Tahap 2: Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan Calon Peserta Didik #DiRumahSaja mulai tanggal 8 sd 22 Juni 2020 pada Jam Kerja 08.00 sd 16.00 WIT dengan mengirimkan SMS ke nomor 082189737482 (Hanya SMS) dengan format:

DAFTAR
#Nama Lengkap
#Nomor Induk Siswa Nasional
#Nama Ibu Kandung
#Nomor Induk Kependudukan
#Nomor Kartu Keluarga
#Kode Kompetensi Keahlian

Calon Peserta Didik akan mendapatkan SMS berisi Nomor Pendaftaran (8 digit) yang wajib di simpan untuk digunakan saat mengakses pengumuman kelulusan.

Selanjutnya, calon peserta didik mengambil / memfotokopi kemudian mengisi Formulir F1, F2, dan F3 di Kotak Pendaftaran SMK YPK SERUI. Peserta didik dapat melengkapi berkas pendaftaran lain yaitu:

  1. Formulir Biodata Peserta Didik (F1).
  2. Formulir Surat Pernyataan Bersedia Menerima Hasil PPDB (F2).
  3. Formulir Surat Pernyataan Bersedia Mentaati Tata Tertib Sekolah (F3).
  4. Pas Foto Warna 3 x 4 latar belakang biru (3 lembar).
  5. Fotokopi Akta Kelahiran.
  6. Fotokopi Kartu Keluarga.
  7. Fotokopi Kartu Ujian Sekolah / Nasional.
  8. Fotokopi Surat Keterangan Lulus / dokumen sejenis yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP.
  9. Fotokopi Rapor Kelas 9 (sembilan) semester 5 (lima) dan 6 (enam).
  10. Fotokopi Kartu Perlindungan Sosial (jika ada).
  11. Fotokopi Kartu Indonesia Pintar (jika ada).
  12. Fotokopi Surat Kelakuan Baik dari SMP asal.
  13. Fotokopi Surat Bebas Narkoba dari Kepolisian.
  14. Fotokopi Surat Kesehatan
  15. Meterai 6000 (3 lembar).
  16. Amplop Coklat

Berkas 1 sampai dengan 15 di masukan dalam amplop coklat. Tuliskan nomor pendaftaran pada pojok kanan atas amplop coklat kemudian di masukan dalam Kotak Pendaftaran yang tersedia di SMK YPK SERUI. Kemudian Calon Peserta Didik bisa menunggu hasil verifikasi berkas yang dikirimkan melalui SMS.

Tahap 3: Seleksi

Panitia seleksi akan memverifikasi berkas Calon Peserta Didik. Kemudian melakukan wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk seleksi minat dan bakat melalui SMS dengan format pertanyaan:

#KodePertanyaan
Pertanyaan panitia seleksi ..

Selanjutnya calon peserta didik menjawab pertanyaan dengan format:

#KodePertanyaan
Pertanyaan panitia seleksi ..

Tahap 4: Pengumuman

Pengumuman hasil penerimaan peserta didik baru akan di sampaikan melalui SMS ke masing-masing calon peserta didik yang terdaftar pada tanggal 25 Juni 2020.

Tahap 5: Pendaftaran Ulang

Informasi pendaftaran ulang akan disampaikan melalui SMS ke masing-masing Peserta Didik yang diterima di SMK YPK SERUI menyesuaikan dengan Kebijakan Pelaksanaan Pendidikan pada Masa Darurat Penyebaran Corona Virus (COVID-19 dan penerapan New Normal di Kepulauan Yapen khususnya di Papua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Akses Pengumuman Kelulusan 2020

Serui – Sesuai surat Keputusan Kepala Sekolah nomor 001/422.M.SMKYPKSERUI/IV/2020 tanggal 29 April 2020 tentang “PENETAPAN LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK YPK SERUI TAHUN PELAJARAN 2019/2020” dengan kriteria sebagai berikut: Telah