Yoris Rawayai: Empat Pilar Kebangsaan

EMPAT pilar kebangsaan kembali dibumikan karena itu merupakan warisan sekaligus kesepakatan bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan bangsa. Anggota DPR RI dari Partai Golkar Yorrys Raweyai dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI di SMK YPK SERUI pada mengatakan saat ini keutuhan bangsa Indonesia sedang terancam. Oleh karena itu, empat pilar harus tetap hidup dan ada dalam sanubari rakyat Indonesia.

Empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. “Itu merupakan warisan dasar bangsa Indonesia yang menjadi kesepakatan bersama untuk mengikat keutuhan bangsa dari ancaman kehancuran dan perpecahan,” kata Yorrys dalam diskusi kebangsaan dengan pendidik, tenaga kependidikan dan siswa di SMK YPK SERUI hari ini (11/03/2020).

Ancaman perpecahan, katanya, sangat nyata sehingga empat pilar harus dibumikan kembali. “Contoh paling nyata terjaganya empat pilar ini adalah terjaganya toleransi antarumat beragama sejak dulu di Serui.” ungkapnya.

Untuk kembali membumikan empat pilar kebangsaan tidak cukup hanya dengan sosialisasi, tetapi perlu langkah nyata dengan memasukkan pelajaran dalam kurikulum pendidikan, seperti pelajaran Pancasila, budi pekerti, dan P4 yang sudah lama tidak ada.

Menurutnya, para era 1990-an dunia diwarnai oleh dua negara raksasa, yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet. Namun, tidak ada yang menyangka bahwa Uni Soviet yang begitu besar bisa pecah seperti sekarang. Demikian juga Indonesia, jika tidak dijaga, kehancuran akan mudah terjadi.

Perkembangan teknologi yang begitu cepat, kata Yorrys, menuntut bangsa ini untuk menyesuaikan diri. Bisa dibayangkan, hanya dalam kurun kurang dari lima tahun, teknologi komunikasi dan informasi berjalan begitu cepat sehingga pengaruh dari luar dengan mudah masuk. “Penjaga Indonesia dari perpecahan, tidak lain ialah empat pilar itu,” tegasnya.

Pada kesempatan ini, Yorrys juga memberikan bantuan untuk pengembangan sekolah yang menjadi almamaternya dan beasiswa kepada siswa berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Utamakan Keselamatan! Siswa tetap #BelajarDiRumahSaja

Serui – Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) akan dilaksanakan pada Senin, 13 Juli 2o20 di SMK YPK SERUI. Mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016 tentang PLS, kegiatan yang akan dilaksanakan

Rapat Daring menggunakan Zoom

Serui – Wabah virus corona (COVID 19) menyebabkan terhentinya Proses Belajar Mengajar (PBM) secara konvensional di SMK YPK SERUI sejak pertengahan bulan Maret lalu. Namun wabah tersebut tidak mambatasi penerapan