Sosialisasi Smart School

Serui – Sejak tahun 2007 SMK YPK SERUI telah mengembangkan berbagai fitur yang mengarah kepada penerapan Sekolah Pintar (Smart School). Mulai dari perbaikan infrastruktur bangunan dan jaringan, pengembangan berbagai aplikasi pendukung pembelajaran, sosialisasi dan evaluasi terhadap berbagai perubahan yang di lakukan untuk mendukung smart school.

Smart School mencoba untuk mengintegrasikan seluruh sistem di lingkungan sekolah dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan semua warga sekolah. Warga sekolah dapat saling berinteraksi dan berbagi untuk melaksanakan tujuan utama sekolah yaitu mencerdaskan seluruh bangsa Indonesia. Dengan adanya sistem ini diharapkan warga sekolah lebih memperhatikan kualitas pembelajaran di bandingkan mengurus administrasi yang dapat dilakukan oleh Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis Sistem Aplikasi Sekolah (SAS) yang didalamnya terdapat fitur:

  1. Sistem Informasi Data Master Sekolah yang terintegrasi dengan Dapodik
  2. Sistem Penerimaan Siswa Baru, dibuat sejak tahun 2013 yang terintegrasi dengan aplikasi ujian seleksi masuk sekolah.
  3. Sistem Surat-menyurat (e-Office)
  4. Sistem Pembelajaran Sekolah (e-learning) berbasis Moodle
  5. Sistem Penjadwalan
  6. Sistem Pembuatan Kisi-kisi soal
  7. Sistem Beban Kerja Guru
  8. Sistem Beban Kerja Pegawai
  9. Sistem Penggajian
  10. Sistem Keuangan
  11. Sistem Perpustakaan
  12. Ujian Sekolah Berbasis CAT
  13. Sistem Rapor K13
  14. Aplikasi Bel Sekolah

Pengembangan Smart School sudah dilakukan sejak lama oleh Tim ICT yang saat ini berganti nama menjadi Tim Pengembang Sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

SEACHINA 2016

Sejumlah 6 orang alumni tahun ajaran 2015/2016 melanjutkan pendidikan di negeri China. Pendaftaran dan seleksi dilaksanakan di SMK YPK SERUI sejak pertengahan bulan Maret. Sejumlah 34 siswa mendaftar program yang

Ketentuan Kenaikan Kelas

Serui – Mentri Pendidikan, Nadiem Makarim mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang di dalamnya terdapat pelaksanaan

SEACHINA 2017

Alumni berprestasi mendaftar dan di pilih untuk mengikuti program Seachina 2017 mulai pertengahan bulan Mei 2017. Sebuah perjuangan berat melewati sejumlah seleksi akhirnya mendapatkan 5 alumni yang akan berangkat ke