Pelatihan Asesor LSP P2

Jayapura – Peserta dari beberapa wilayah adat di Papua ikut dalam pelatihan asesor yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua mulai tanggal 26 s/d 1 Desember 2018 di Hotel Andalucia, Jayapura. Pelatihan ini di laksanakan untuk menambah asesor beberapa program keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Papua.

Sejumlah 6 guru dari SMK YPK SERUI mengikuti pelatihan tersebut untuk mendapatkan sertifikat berkompeten sesuai bidangnya dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Marlin dan Nurlina Gampang mewakili progran keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Arny Darvius dan Joko Ambar Widyatmoko mewakili program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL). Dodi Prasetyo dan Yusuf Mambrasar mewakili program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Selama 4 hari di bimbing langsung oleh Master Asesor Ibu Sri dan Ibu Sutri dari BNSP.

Setiap calon asesor diwajibkan mengisi formulir mulai dari pra asesmen hingga asesmen, yaitu:

  1. APL – Aplikasi Asesmen.
  2. MMA – Merencanakan dan Mengorganisasikan Asesmen.
  3. MPA – Merancang Perangkat Asesmen
  4. MAK – Melaksanakan Asesmen Kompetensi

Kemudian ada hari ke 5, Asesmen Calon Asesor (ACA) dilaksanakab langsung oleh Ibu Defita dan Ibu Utami Master Asesor yang ditugaskan oleh BNSP.

Setelah melewati perjuangan yang sangat berat, akhirnya wakil-wakil dari program studi OTKP, AKL, TKI direkomendasikan memperoleh Sertifikat Berkompeten sebagai asesor di bidang masing-masing. (YNM)